Tembang Macapat Megatruh,Proses Perpisahan Antara Ruh dan Jasad

Lagu jawa tembang macapat Megatruh adalah salah satu lagu jawa macapat yang menggambarkan kondisi manusia pada saat menjelang kematian. Kata megatruh sendiri diyakini berasal dari kata megat / pegat (pemisahan) dan roh/ruh, yang berarti pemisahan tubuh dan jiwa.

Kematian menjadi hal yang paling ditekankan dalam lagu Megatruh, proses yang pasti dialami oleh setiap makhluk hidup di dunia, proses yang menegangkan dan menyakitkan bagi banyak orang, yaitu proses membuka gerbang menuju kehidupan yang tidak pernah berakhir.

Bagi para pemimpin agama, mereka sangat percaya bahwa roh akan melepaskan diri dengan mudah dan ringan bagi mereka yang memiliki iman. Bagi mereka yang percaya, malaikat akan datang dan mengambil hidup mereka dengan kesan yang baik dan bahagia.

Kematian medis terjadi ketika otak kehabisan pasokan oksigen, sel-sel otak mati secara besar-besaran, dan semua organ tubuh tidak lagi dapat bekerja.

Tidak mudah memprediksi kapan seseorang akan mati. Kematian dapat disebabkan karena penyakit, kecelakaan atau sebab lainnya secara tiba-tiba. Meski begitu ada beberapa orang yang mampu menemukan keanehan atau tanda sebelum kematiannya.

Sifat dan karakter lagu Macapat Megatruh termasuk sedih, khawatir, "getun", maaf. Lagu macapat ini sangat cocok untuk cerita yang mengandung penyesalan, kepedulian, kesedihan.

Karakteristik dari lagu macat Megatruh adalah:
Memiliki Guru Gatra: 5 baris setiap bait
Memiliki Pengajar Angka: 12, 8, 8, 8 (artinya baris pertama terdiri dari 12 suku kata, baris kedua berisi 8 suku kata, dan seterusnya ...)
Punya Master Lagu: u, i, u, i, o (artinya baris pertama diakhiri dengan vokal, baris kedua berakhir vokal i, dll.)
Contoh lagu Macapat Megatruh:
dikutip dari Wulangreh fiber oleh SISKS Pakubuwana IV:


Labels: PITUTUR, PIWULANG

Thanks for reading Tembang Macapat Megatruh,Proses Perpisahan Antara Ruh dan Jasad. Please share...!

1 Comment for "Tembang Macapat Megatruh,Proses Perpisahan Antara Ruh dan Jasad"

sangat bermanfaat terima kasih
http://agrobisnis12.blogspot.com/


Back To Top