Nilai Luhur Dan Manfaat Dalam Gotong Royong

Nilai Luhur Dan Manfaat Dalam Gotong Royong
Gotong royong
Gotong royong merupakan kegiatan bersama yang di lakukan di masyarakat secara bersama-sama. Gotong royong ini mempunyai nilai-nilai luhur dan mempunyai banyak manfaat yang bagi masyarakat dan bernegara. Kebudayaan yang sudah ada sejak jaman dahulu sejatinya harus di lestarikan dan jangan di tinggalkan atau di lupakan.

Seiring bejalannya waktu dan kemajuan jaman, banyak banget nilai-nilai budaya luhur yang mulai di lupakan bahkan nyaris di tinggalkan. Hal ini membuat miris dan prihatin mengingat nilai nilai luhur tersebut merupakan jati diri kita sebagai bangsa yang mempunyai karakter dan luhur di masa lampau.

Kejayaan bangsa ini di masa silam merupakan suatu bukti bahwa nilai-nilai luhur budaya masa itu masih di pegang teguh dan di lestarikan.

Gotong royong merupakan salah satu dari nilai luhur dari kebudayaan peninggalan nenek moyang kita. Meski sekarang ini mulai tergerus oleh perkembangan jaman, namun sepatutnya kita sebagai generasi penerus perlu melestarikan keberadaan gotong royong tersebut.


NILAI-NILAI LUHUR DALAM GOTONG ROYONG
Nilai Luhur Dan Manfaat Dalam Gotong Royong
Gotong royong

Pada awalnya, kegiatan ini seperti halnya kerja yang di lakukan secara bersama-sama yang tampaknya terlihat seperti hal yang sangat mudah dan sederhana. Namun dibalik kesederhanaannya itu , gotong royong menyimpan beragam nilai yang mampu memberikan nilai positif bagi masyarakat. Nilai-nilai positif dalam gotong royong meliputi:

1. Kebersamaan
Saling bekerja sama mencerminkan kebersamaan yang tumbuh di masyarakat. Dengan gotong royong, masyarakat ingin bekerja sama untuk membantu orang lain atau membangun fasilitas yang dapat digunakan bersama.

2. Persatuan
Kebersamaan yang terjalin dalam gotong royong serta melahirkan persatuan di antara anggota masyarakat. Dengan persatuan yang ada, masyarakat menjadi lebih kuat dan mampu menghadapi masalah yang muncul.

3. Bersedia berkorban
Saling bekerja sama mengajarkan setiap orang untuk mau berkorban. Pengorbanan ini bisa dalam bentuk apa pun, mulai dari mengorbankan waktu, energi, pikiran, hingga uang. Semua pengorbanan ini dilakukan untuk kebaikan bersama. Orang rela mengesampingkan kebutuhan pribadi mereka untuk memenuhi kebutuhan bersama.

4. Saling Membantu
Saling bekerja sama membuat orang saling bahu membahu untuk saling membantu. Sekecil apa pun kontribusi seseorang dalam kerja sama, selalu dapat memberikan bantuan dan manfaat bagi orang lain.

5. Sosialisasi
Di era modern, kehidupan manusia cenderung individualistis. Saling bekerja sama dapat membuat orang kembali sadar jika mereka adalah makhluk sosial. Saling bekerja sama membuat orang saling mengenal sehingga proses sosialisasi dapat terus dipertahankan.



MANFAAT GOTONG ROYONG

Saling bekerja sama adalah budaya masyarakat yang akan memberikan banyak manfaat. Keuntungan-keuntungan ini termasuk:

1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung
Kebersamaan saat gotong royong
Semakin banyak orang yang terlibat dalam upaya membangun atau membersihkan lingkungan, semakin ringan pekerjaan setiap individu yang terlibat di dalamnya. Selain meringankan pekerjaan yang harus ditanggung oleh masing-masing individu, gotong royong juga membuat pekerjaan lebih cepat selesai. Artinya, gotong royong dapat membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien.

2. Menumbuhkan sikap sukarela, bantuan, kebersamaan, dan kekeluargaan di antara sesama anggota masyarakat
Seperti dijelaskan sebelumnya, gotong royong memiliki nilai-nilai yang membuat gotong royong menjadi budaya yang sangat baik untuk dipertahankan. Saling bekerja sama dapat menumbuhkan sikap sukarela, bantuan, kebersamaan, dan kekeluargaan di antara sesama anggota masyarakat. Orang yang ingin melakukan kerja sama timbal balik akan lebih peduli pada orang-orang di sekitar mereka. Mereka bersedia berbagi dan membantu. Masyarakat juga bisa lebih "bercanda" karena gotong royong adalah menjaga kebersamaan dan kekeluargaan di antara sesama anggota di masyarakat.

3. Membangun dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antara anggota masyarakat
Bekerja sama ciri khas bangsa Indonesia
Lingkungan yang harmonis akan menyehatkan masyarakat. Ketika ada satu anggota komunitas yang dalam masalah, maka anggota komunitas lainnya akan siaga untuk memberikan bantuan. Hubungan sosial yang baik dan harmonis seperti ini dapat dibangun jika masyarakat ingin melakukan kegiatan gotong royong. Saling bekerja sama dapat menumbuhkan hubungan sosial yang baik di masyarakat. Akibatnya, hubungan antar anggota masyarakat akan lebih harmonis.


4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional
Pada skala yang lebih besar, kerja sama timbal balik dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional. Masyarakat yang sudah solid di tingkat RT atau RW akan dapat membangun persatuan yang lebih besar pada skala nasional. Saling bekerja sama mampu membuat orang sadar jika kita semua berada di tanah air yang sama, sehingga persatuan dan sikap persatuan yang ada harus diwujudkan dari Sabang hingga Merauke, yaitu di semua wilayah di Indonesia.

Terima kasih

Labels: KABAR NDESO

Thanks for reading Nilai Luhur Dan Manfaat Dalam Gotong Royong. Please share...!

0 Comment for "Nilai Luhur Dan Manfaat Dalam Gotong Royong"


Back To Top