Pak Risdi Salah Satu Pengrajin Kursi Bambu di Jogja

Bambu adalah tanaman yang banyak tumbuh di seluruh pulau di Indonesia. Begitu banyak digunakan oleh penduduk di Indonesia sebagai bahan untuk memperoleh pendapatan hidup atau dengan kata lain bambu sebagai sumber mata pencaharian mereka. Salah satu pengrajin kursi dari bambu di jogja adalah Pak Risdi yang beralamat di Jolosutro, Srimulyo, Piyungan Bantul, Yogyakarta.

Pak Risdi merupak satu-satunya pengrajin kursi bambu di dusun tersebut, karena banyak warga lain yang mencari rejeki dengan cara lain. Maka pak Risdi mencoba dengan caranya sendiri yaitu dengan menumbuh kembangkan usaha kecil skala rumahan dengan membuat kursi dari bambu tersebut.

Sebagai tulang punngung keluarga yang harus menghidupi keluarganya dia mencoba merangkai bambu demi bambu yang di potong untuk di jadi kan sebuah kursi atau meja. Furniture ini sangat cocok untuk ruangan keluarga, ruang santai di depan rumah. 

Kelihaiannya dalam membuat dan merakit dari potongan-potongan bambu telah menjadikan suatu peluang usaha yang menjanjikannya bagi dirinya. terlebih hasil yang di dapatkan mampu untuk mencukupi keluarganya.

Keahlian tersebut sebenarnya ingin sekali di tularkan kepada tetangga atau pun orang yang ingin belajar kepadanya. Demi menumbuhkan semangat dan etos kerja bagi orang-orang yang sedang kesulitan dalam mencari pekerjaan, keahlian semacam ini sangat cocok untuk di jadikan rujukan alternatif selain pekerjaan-pekerjaan formal lainnya.

Semangat dalam menjalankan usahanya pun tidak disia-siakan oleh masyarakat sekitarnya. Satu-persatu dari tetangga dan handai taulan memesan kursi tersebut. Tak jarang juga terlihat dari akun faceboknya ketika memosting hasil karyanya, satu persatu mulai melirik dan memesannya. Di kawasan piyungan sendiri masih jarang seorang pengrajin bambu seperti dia. Bermodalkan tekad kemauan kerasnya, kadang dengan motor bututnya beliau rela mengantarkan hasil karnyanya ke tempat pemesannya.



Di masa lalu, kerajinan bambu dibuat hanya dalam 2 model, yaitu kursi yang hidup atau panjang, karena permintaan telah dibentuk untuk berbagai jenis produk seperti meja, kursi, gazebo, kerei dan banyak bentuk produk lainnya. Untuk pemasaran dulu sangat sulit dan harus berkeliling menggunakan sepeda untuk membawa contoh yang pangkas seperti itu. Namun setelah sekian lama pusat kerajinan bambu diketahui, pembeli datang sendiri untuk datang ke pusat kerajinan itu sendiri


Bentuk atau model yang paling populer adalah sepasang kursi meja untuk melengkapi teras atau sebagai kursi tamu untuk menambah kesan artistik rumah pembeli. Sebagian besar pembelian biasanya terjadi selama liburan sebelum liburan, bahkan pengrajin kadang-kadang harus menolak permintaan pesanan. Karena permintaan semakin banyak pembeli, kebutuhan bahan baku juga mengalami kesulitan. Bahan baku yang sering digunakan adalah petung, wulung, walari, furnitur, bambu tutul, dan apus, tetapi jenis yang paling populer dari jenis ini adalah jenis wulung karena harganya yang murah.


Anda ingin menghiasi rumah anda dengan perabotan furniture dari bambu baik itu kursi maupun meja, bisa anda hubungi Pak Risdiyanto dengan alamat di atas.



Labels: KERAJINAN

Thanks for reading Pak Risdi Salah Satu Pengrajin Kursi Bambu di Jogja . Please share...!

0 Comment for "Pak Risdi Salah Satu Pengrajin Kursi Bambu di Jogja "


Back To Top